Destinasi Wisata Jakarta | Belum Sampai Jakarta Jika Belum Berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan

image source indonesiakaya.com

Wisata-kotajakarta.blogspot.com - Indonesia yang merupakan negara tropis memiliki banyak sekali macam hewan baik yang jinak maupun buas. Namun eksistensi hewan ini banyak yang terancam karena adanya manusia. Demikianlah seterusnya hingga muncul sebuah tempat penangkaran khusus hewan yang kita kenal dengan kebun binatang. Seiring waktu berjalan, kebun bitanang menarik banyak orang untuk melihat-lihat atau sekedar melepas lelah melihat hewan yang tidak biasa ditemukan di tempat lain. 

Lambat laun lokasi ini menjadi sebuah tempat wisata. Kebun Binatang Ragunan salah satunya. Kebun binatang pertama dan terbesar yang ada di Indonesia. Pertama kali berdiri para tahun 1864 yang didirikan dengan nama Planten En Dierentium. Arti dari nama itu adalah "Taman serta Kebun Binatang.  Seluas 10 hektare di lokasi Cikini, Jakarta pusat ini didirikaan oleh seorang pelukis terkenal dari Indonesia. Dialah RAden saleh.Saat itu, Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora serta Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia. 

Sejarah Terbentuknya Kebun Binatang Ragunan
Sejak tahun 1949, nama Planten En Dierentuin dirubah jadi Kebun Binatang Cikini. serta pada th. 1964 dipindahkan ke lokasi Pasar Minggu Ragunan Jakarta Selatan. Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan area seluas 30 hektare sebagai rumah buat kebun binatang ini. Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin resmikan Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966.

Hingga saat ini kebun binatang ini terawat dengan baik dan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Walaupun masih tetap ada kekurangan dalam perawatan di dalamnya, namun pemerintah bersama dengan pengelola kebun binatang terus berupaya menjaga dan merawatnya.
image source tripadvisor.com

image kompas.com

image berliburdijakarta.files.wordpress.com

image calgaryherald.com

image ahyutriwidodo.files.wordpress.com
image source abdurrahimyusuf.blogspot.com

image source kidsklik.com

image rmol.co
Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan
Untuk memasuki lokasi ini anda akan dikenakan biaya retribusi. Biayanya retribusi yang anda dapatkan saat ini April 2015 adalah
  • Gerbang utama: dewasa Rp 4000 - anak anak Rp. 3000
  • Pusat primata (Schmutzer Primate Center) : hari biasa Rp. 6000 akhir pekan Rp. 7500
  • Parkir kendaraan: motor Rp. 3000, mobil Rp. 6000, bis dan truk Rp. 15. 000
  • Mengendarai hewan: kuda Rp 5000, Unta Rp 7500, Jerapah Rp. 7500



Advertisement
Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
25 Maret 2016 pukul 18.33 delete

arikelnya mantep gan, sangat bermanfaat dan menarik..

sedikit info untuk paket wisata jogja bagi yang mau liburan ke jogja, trima kasih. Salam wisata

Reply
avatar